Pages

Monday, January 10, 2011

Resensi Buku: The Rules of Management


Judul Buku  :    The Rules of Management: A Definitive Code for Managerial Success
Penulis        :    Richard Templar
Penerbit      :    Esensi, Erlangga Group
Tebal Buku :    v + 209

Review


Buku ini memberitahu hal-hal yang penting dalam mencapai kesuksesan manajerial. Manajemen adalah sesuatu yang aneh. Hanya sebagian kecil dari kita yang merencanakannya dalam hidup, namun sebagian besar dari kita melakukannya.

Sebagai manajer, kita diharapkan menjadi banyak hal. Menara kekuatan,pemimpin, dan pembeharu, tukang sulap (menyulap kenaikan gaji, sumber daya, dan staf tambahan dengan satu sapuan topi), paman/bibi yang baik, bahu tempat mencurahkan kesedihan, motivator yang dinamis, hakim yang tegas namun adil, diplomat, politisi, pelindung, penyelamat, dan orang suci.

Kita juga harus bertanggung jawab terhadap sekelompok orang yang mungkin tidak kita pilih, tidak kita sukai, tidak memiliki kesamaan, dan mungkin tidak begitu menyukai diri kita. Kita bertanggung jawab terhadap keselamatan dan perawatan fisik, emosi, serta mental mereka. Kita harus memastikan mereka bekerja sesuai dengan peraturan di organisasi kita. Kita harus memahami hak kita sendiri, hak mereka, hak organisasi, dan hak serikat pekerja.



Kita bertanggung jawab untuk membina dan menggali hasil terbaik dari tim. Tim ini suatu waktu dapat bertingkah seperti anak-anak, tapi kita tidak bisa memukul mereka (atau bahkan memecat mereka). Di lain waktu, mereka bertingkah seperti remaja yang labil. Mereka tidur larut malam, tidak masuk kerja, menolak melakukan pekerjaan sekalipun masuk kerja, pulang kantor cepat, dan hal semacamnya.

Dalam menghadapi hal-hal diatas kita harus tetap tenang. Kita tidak boleh berteriak, melemparkan sesuatu, atau pilih kasih. Urusan manjemen memang benar-benar sulit. Dengan rule-rule yang ada di buku ini, kita sangat terbantu. Kita seperti memiliki arahan dan petunjuk disamping (jika kita manajer) kita yang memberi arahan dan petunjuk. Buku ini juga International Bestseller yang secara tidak langsung sudah banyak orang yang mengakui kehebatan buku ini.

Orang mampu mengelola dirinya sendiri jika kita beri kesempatan.
 Kelebihan


Penulis terlihat benar-benar profesional dalam buku ini. Ada beberapa hal yang kita sudah sadari, namun ada pula yang belum kita sadari. Kemudian penulis juga selalu menandai hal yang penting pada sebuah kotak, seperti quote. Gaya bahasa penulis seperti bercerita keadaan di lingkungan sekitar namun didalamnya terkandung makna dari manajemen.

Kekurangan


Buku ini merupakan buku terjemahan dari buku internasional. Jadi, masih ada pemahaman makna yang belum begitu mengena. Juga seperti masih ada kata yang kurang pas ketika dibaca.

1 comment:

Blogger said...

If you're attempting to burn fat then you need to jump on this totally brand new custom keto diet.

To create this keto diet service, licensed nutritionists, fitness trainers, and top chefs have united to develop keto meal plans that are efficient, decent, economically-efficient, and fun.

From their launch in early 2019, hundreds of individuals have already transformed their body and well-being with the benefits a smart keto diet can offer.

Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-certified ones given by the keto diet.