Pages

Saturday, January 8, 2011

Amazing Race Sistem Informasi

Surabaya (08/01/11) - Ada saja yang unik dari Jurusan Sistem Infomasi ITS. Pasalnya dalam tugas FP (Final Project), jurusan ini mengadakan yang namanya ARSI (Amazing Race Sistem Informasi). Ini bukanlah permainan atau acara reality show seperti yang ada di televisi. Melainkan ini adalah sebuah FP dari mata kuliah Keterampilan Interpesonal Jurusan Sistem Informasi ITS. Terlihat di beberapa titik di Surabaya sekelompok orang memakai pakaian yang sama dan berlari-lari membawa amplop berlogokan ITS.

Mata kuliah KI ini memang menekankan pada soft skill. Yaitu dimana bukan hanya hitungan matematika atau pemrograman yang harus dipelajari, namun juga bagaimana seseorang mempunyai soft skill yang bagus. Jurusan yang diketuai oleh Pak Kholil ini, kemarin sabtu (08/01/11) melaksanakan FP dimulai dari kampus ITS Jurusan Sistem Informasi. Dimulai pada pukul 07.00 WIB, terlebih dahulu Pak Kholil menjelaskan tentang FP ini dan segala macamnya. FP ini dilakukan per kelompok. Kemudian tiap-tiap kelompok diminta untuk pergi ke suatu tempat di Surabaya sesuai dengan perintah amplop yang dipilih. Pada FP ini, mahasiswa dilarang untuk membawa alat komunikasi, uang dan dompet. Setiap mahasiswa mendapat uang sebesar Rp 5000. Itu untuk ongkos PP (pergi-pulang). Jadi, disini benar-benar diperlukan soft skill yang baik agar uang sebesar itu bisa digunakan untuk PP.

Sebelum berangkat, semua kelompok diberi waktu untuk diskusi. Setiap kelompok mendapat tempat tujuan berbeda-beda. Ada yang diminta untuk ke Kebun Bibit, Graha Sepuluh Nopember, Sanggar budaya pulowonokromo, dll. Semakin jauh tempat yang dituju, semakin dibutuhkan tingkat efisien karena jumlah uang yang diterima sama. Akhirnya semua kelompok dipersilakan berangkat.



Ada saja akal para mahasiswa Sistem Informasi. Untuk mencapai tempat tujuan dengan menghabiskan dana seminimal mungkin, ada yang berniat pinjam mobil SKK (Sekuriti ITS), ada yang carter angkot, ada yang pinjam mobil pick up orang, sampai mencegat pick up yang lewat. Disini terlihat bagaimana para mahasiswa bekerjasama dalam kelompoknya untuk mencapai suatu tujuan.

Kemudian setelah sampai di tempat tujuan, kelompok akan men" dapat tugas untuk mencari sebuah amplop yang berlogokan ITS. Amplop tersebut berisi sebuah perintah yang harus diikuti dan hasilnya harus dibawa kembali ke kampus. Ada kelompok yang diminta untuk membuat kalung bunga, pasir waktu, bola sepak, dll.

Semua kelompok harus tiba di kampus paling akhir pukul 11.00 WIB. Dan sekitar pukul 10.00 WIB sudah ada kelompok yang tiba di kampus. Kemudian satu persatu kelompok yang lain tiba. Setiap kelompok diminta perwakilannya untuk berbagi cerita kepada kelompok lain. Cerita-cerita yang dibawakan pun menarik. Apalagi ada kelompok yang ditilang oleh polisi karena membawa pick up di tengah kota tanpa SIM. Tapi kelompok tersebut tidak ditilang oleh polisi hanya karena sebuah nama. Nama tersebut merupakan petinggi polri sekaligus paman dari anggota kelompok tersebut. Ini merupakan cerminan polisi Indonesia saat ini.

"Seru dan ini (ARSI) merupakan pengalaman yang menarik. Bisa jadi buah cerita buat keluarga nanti ketika liburan di rumah. haha ", ungkap seorang mahasiswa ketika ditanya tentang kesan FP Keterampilan Intepesonal ini.

Pengalahan dari Pak Kholil sebelum berangkat

Mencegat pick up yang lewat di bunderan ITS
Beruntung tidak ditilang polisi
Foto bareng dengan anggota Polsek Wonokromo

No comments: