Pages

Wednesday, December 8, 2010

Pentingnya 'Read more'


Ada yang tau apa itu jump break? Jump break atau yang biasa kita sebut "read more" adalah fitur untuk menampilkan paragraf awal dari suatu artikel. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, ada link Read more. Jika ada pengunjung yang meng-klik itu maka dia akan baca artikel secara penuh (full). Mungkin kebanyakan orang mengira jump break itu kurang berguna atau malah tidak berguna sama sekali. Pernahkan anda dulu membuka suatu situs/blog yang ketika anda scroll kebawah seperti tidak ada habisnya (saking panjangnya) ?


Nah itu adalah salah satu contoh karena tidak menggunakan jump break. Berikut keuntungan menggunakan jump break:
  • Mempermudah pengunjung mencari artikel yang dimau. Ketika suatu artikel tidak memakai jump break, maka pengunjung harus men-scroll sampai akhir dari artikel tersebut. Itu merupakan hambatan bagi pengunjung.
  • Mempercepat opening blog. Home page blog yang setiap artikelnya menggunakan jump break akan lebih cepat dibuka daripada yang tidak menggunakan jum break. Kenapa? karena ketika pengunjung membuka home page blog yang memakai jump break, yang diambil dari server hanya cuplikan awal artikel yang ada, bukan keseluruhan isi artikel.
Pada blogger, tombol jump break hanya bisa ditemui pada editor terbaru. 

Jika anda menggunakan editor lama, maka anda harus mengubah settingan blog anda. Caranya, pada Dashboard pilih Setting. Kemudian di tab Basic, cari Global Settings. Kemudian pilih Updated editor (Recommended).


Sekarang bagaimana menggunakan jump break? Anda hanya perlu menempatkan kursor di bawah paragraf yang akan break. Lalu tekan tombol jump break. Dan tara...maka akan muncul garis seperti pada gambar dibawah ini.

Kita tekan publish post. Dan sekarang coba kita buka home page. Dan tampilannya akan seperti berikut.

Dan jika kita mau membaca artikel secara keseluruhan, klik Read more. Maka akan terhubung ke halaman artikel tersebut. 

Mudah sekali bukan? Nah, sekarang tinggal bagaimana kita membiasakan memakai jump break pada setiap artikel di blog kita. Selamat mencoba!

fahri :)

No comments: