Pages

Sunday, December 19, 2010

Mulai dari yang Kecil untuk sesuatu yang Besar


The idea is that a lot of small improvements make a large impact if they are spread out on a large enough number of websites, which will hopefully make the web less of a burden to the environment.
Ya, itu adalah slogan dari situs onlineleaf.com. Situs ini  mengingatkan kita bahwa kita juga dalam berinternet ria harus ramah lingkungan. Memang mungkin sesuatu yang kecil bagi kita untuk berkontribusi terhadap lingkungan ketika online. Tapi bagaimana jika 10 orang, 100 orang, 1000 orang, 10 ribu orang, atau bahkan jutaan orang yang ikut berkontribusi dalam hal ramah lingkungan ketika berinternet ria?
How much CO2 do you emit, when surfing the web? Every minute a thousand visitors spend browsing a website an average of about 1.2kg of CO2 is emitted into our atmosphere.
Now, that is not a very large number individually for a website, but if you consider the amount of time you spend on the internet along with everyone else, Online Leaf might be a step in the right direction, when trying to make the web much greener. So help the environment by making your website green!



Kata-kata itulah yang terdapat dalam situs  onlineleaf.com. Mungkin kita berpikir bahwa apa hubungannya ketika sedang berinternet ria dengan produksi CO2. Mari kita bahas hubungannya.

Ketika sedang berinternet ria, kita pasti menggunakan PC, notebook, atau handphone. Nah gadget-gadget tersebut pasti memerlukan listrik. Listrik disediakan oleh perusahaan negara. Lalu listrik diciptakan dari apa? ada pembangkit listrik yang dihasilkan oleh pembakaran batu bara. Pembakaran batu bara pasti menghasilkan listrik. Lalu dimana hubungannya? hubungannya adalah konsumsi listrik dengan pembakaran batu bara. Ketika kita berinternet ria, kemudian banyak tab browser yang digunakkan dan banyak situs yang dibuka. Padahal kita hanya berfokus pada satu situs. Nah bagaimana dengan situs lain yang kita kesampingkan tetapi tetap berjalan di browser kita? Pasti konsumsi daya browser kita tinggi, sehingga memerlukan listrik yang banyak. Ketika konsumsi listrik banyak maka pembakaran batu bara bertambah. Dan seketika itu CO2 yang dihasilkan pun semakin bertambah.

Lalu bagaimana kita berkontribusi?
Caranya cukup mudah. Kita hanya menaruh code yang disediakan oleh onlineleaf.com di dalam situs atau blog kita. Taruh kode dibawah ini dalam tag <HEAD>

Untuk yang bahasa Inggris:

<script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js?lang=en"></script>

Untuk yang bahasa Indonesia:

<script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js?lang=en"></script>


Pastikan juga kita taruh kode dibawah ini TEPAT di bawah tag <HEAD>

<script>jQuery.noConflict();</script>

Apa fungsi dari kode tersebut?
Fungsinya adalah ketika ada orang yang membuka blog kita, maka akan seperti biasa. Namun ketika orang lain sedang di situs lain (tidak di blog kita) dalam kurun waktu yang cukup lama, maka blog kita akan menjadi berwarna hitam semua. Tujuannya adalah agar konsumsi daya browser orang tersebut sedikit. Berikut penjelasan dari situsnya:
The standby engine is a project developed to reduce power consumption, when generating and displaying a website, without changing user experience while using the website. This is done by covering the site in a stationary, black color, which hides visual effects making the visitor's computer use less energy generating and displaying these.
It might not seem like a lot of difference, but after all every little bit does count.
Nantinya setelah kita pasang di blog, kemudian blog nya tidak aktif, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.



Tunjukkan pada Dunia


Setelah kita menaruh script kita pada blog atau website, sekarang saatnya kita tunjukkan bahwa kita telah berkontribusi untuk ramah lingkungan. Caranya dengan menaruh gambar/banner "Green Website" pada blog kita. Pilih gambar sesuai keinginanmu disitus resminya langsung.

No comments: